Detektif Cewek, Sebuah Kasus Diselesaikan Oleh Enola Holmes

Oktober 12, 2020

Pernahkah mendengar kata Holmes? 

Film ini merupakan spinoff dari Holmes universe. Ah, namun, mau dikatakan spinoff pun juga sepertinya tidak begitu. Sebab, karakter utama di film ini tidak pernah tampil di film Holmes manapun. Namun, saya juga kurang tau juga kalau dari bukunya. Apakah Enola Holmes pernah disebutkan di dalam buku Sherlock Holmes yang versi Pak Arthur Conan Doyle?


Kesan pertama kali mendengar nama Enola, saya langsung teringat dengan nama sebuah rudal bernama mirip, Enola Guy. 

Btw, film ini dibuat berdasarkan buku pertama dari seri misteri Enola Holmes yang berjudul The Case of The Missing Marquess. Kasus pertama ini terkait sangat erat dengan pencarian jati diri Enola atas perubahan drastis yang terjadi dalam hidupnya. Di hari ulang tahunnya, dia ditinggal begitu saja oleh Ibu. 


Bukan. Ibunya tidak meninggal. Namun, secara harafiah meninggalkan dia. Pergi dari rumah dan membiarkan Enola sendiri. Mungkin, itulah mengapa ibunya ngotot memberi nama anak perempuannya ini Enola | alonE. Sebab, di suatu titik dalam hidupnya, Ibu memang sudah berencana untuk meninggalkan Enola di umur tertentu, agar ia bisa hidup mandiri.

Teknik penceritaan film sangat terbantu dengan monolog-tervisualisasi yang dilakukan oleh si Enola sendiri. Sangat relate dengan anak jaman sekarang. Kalau boleh dibilang, ini mirip seperti saat kita menonton para Youtuber yang sedang nge-vlog.

Enola berbagi pengalaman sehari-hari. Enola menceritakan apa yang sedang ia lalui. Enola bertanya banyak hal yang saat ini sedang terlintas di kepalanya. 

Ada kesan simbolik dalam film ini. Berpetualanglah. Tinggalkan rumah. Lihatlah dunia. Meski dalam hal ini, Enola melakukannya hanya demi mencari Ibu.

Di perjalanan, dia bertemu dengan seorang lelaki seumuran yang sedang kabur dari rumah bernama Viscount Tewkesbury. Tadinya Enola tidak mau untuk mengenal lebih jauh dengan si lelaki tersebut. Karena menurutnya, ia sudah punya masalah yang harus kuurus sendiri jadi uruslah masalahmu sendiri. Namun, menyadari bahwa nyawa Viscount terancam, sebagai manusia yang memiliki the power of help, Enola pun jadi ikut campur dan turut membantu Viscount terbebas dari pembunuhan yang gagal terjadi.

Enola dan Viscount pun melanjutkan perjalanan ke London, dan disana Enola memutuskan untuk benar-benar berpisah dengan Viscount. Cerita kembali berputar di dunia Enola. Sesampainya di London, ia menyamar menjadi seorang dengan tampilan yang sangat Lady-Like sebagai pengalih perhatian. Sebab hal tersebut tidak akan pernah terpikirkan oleh kedua kakak Enola, Sherlock dan Mycroft.

Setelah itu, Enola juga kembali mengingat-ingat apa yang pernah ia dengar dari pertemuan rahasia yang Ibu lakukan. Ia pun pergi ke sebuah caffee, dimana ia bertemu dengan seseorang yang ia kenal mukanya pernah hadir di pertemuan rahasia Ibu.

Cerita sudah hampir setengahnya, bahkan sampai disini pun, saya sebagai penonton (dan belum pernah membaca bukunya) masih dibuat kesulitan untuk menebak akhir cerita dari kasus ini.

Sebagai salah satu pecinta cerita detektif. Film ini terbilang asik untuk diikuti. Salah satunya karena dibawakan dengan sangat ringan. Meski demikian, film ini tidak sepele, substansinya tetap terasa mengenyangkan.

Meski ini film Inggris, namun, jangan terlalu berharap dengan aksen yang terlalu inggris. Film ini terasa sangat general. 

Dari sisi strory-teller, Keterhubungan remah-remah informasi dengan hipotesis yang diambil menjadikan plot twist-nya terasa mengagetkan. Antagonis utama dijaga dengan baik, hingga ia pun baru benar-benar dikeluarkan di ujung cerita.

Untuk kostum, sangat meyakinkan. Terutama karena latar cerita terjadi pada tahun beberapa dekade silam. Sesuai dengan jamannya, namun tetap terasa modern yang terbantu dari pilihan model dan warna. Ataukah karena Millie memang terlalu menawan dan terkenal image-nya sebagai cewek kekinian.

-----




Review

|||||||{{{

Anda telah membaca artikel dari Anonum Indonesia

Mungkin Disukai

0 komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.